Asyiknya Berwisata di Monumen Kapal Selam Surabaya

Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekuatan militer yang sangat tangguh, bahkan militer Indonesia pernah menjadi salah satu militer yang paling ditakuti di kawasan Asia. Selain militernya yang tangguh, Indonesia juga mempunyai alustista yang sangat canggih. Sebagai contohnya adalah pada tahun 1962, Indonesia mempunyai 12 kapal selam Whiskey Class buatan Uni Soviet.

Pada era itu, jenis kapal selam tersebut merupakan kapal selam terbaik di dunia. Oleh karena itu, Indonesia cukup ditakuti oleh berbagai negara, termasuk negara barat. Ingin tahu seperti apa kapal selam yang pernah menjadi terbaik di dunia?
Salah satu kapal selam terbaik pada saat itu dan menjadi andalan tentara Indonesia bisa kamu lihat di Monumen Kapal Selam yang dikelola oleh TNI AL.

Kamu bisa menyaksikan secara utuh kapal selam tersebut, bahkan kamu juga bisa memasuki dan melihat-lihat di dalam kapal selam. Monumem kapal selam tersebut terletak di samping sungai utama di Surabaya yaitu sungai Kalimas, tepatnya di samping Plaza Surabaya.

Monumen Kapal Selam tersebut diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998. Bagi kamu yang ingin mengunjungi tepat ini, kamu tidak usah khawatir karena lokasi monumen sangat mudah dijangkau, karena tempat monumennya di pusat kota Surabaya. Alasan mengapa monumen kapal selam tersebut diletakkan di Surabaya karena kota Surabaya merupakan kota yang mempunyai julukan Kota Pahlawan dan Surabaya juga terdapat salah satu pangkalan TNI AL terbesar di Indonesia. Tujuan dibangunnya Monumen Kapal Selam tersebut adalah agar bisa menjadi sarana pendidikan sekaligus menghibur bagi kamu dan putra-putri kamu.

Kapal selam yang terdapat di monumen tersebut bernama KRI Pasopati dengan nomor lambung 410. Panjang kapal selam tersebut adalah 76 meter dan lebarnya 6,3 meter. Jadi, pada awal memindahkan dan meletakkan kapal selam di monumen tersebut tidak mudah. Pada saat itu, kapal selam dipotong menjadi 16 bagian. Selanjutnya, setiap bagian dibawa satu persatu ke Monumen Kapal Selam dan terakhir, kapal selam dirakit kembali.

Pada saat kapal selam KRI Pasopati masih beroperasi, kapal selam tersebut digerakkan dengan menggunakan mesin diesel saat dipermukaan laut dan pada saat kapal sudah menyelam ke dalam laut, kapal tersebut digerakkan dengan menggunakan tenaga baterai. Sedangkan kecepatan maksimum Kapal selam KRI Pasopati mencapai 18,3 Knot (sekitar 34 km/jam).

Kapal selam tersebut dilengkapi dengan 2 buah peluncur torpedo di belakang kapal dan 4 buah peluncur torpedo di di depan kapal. Selain itu, torpedo yang dapat diangkut oleh kapal selam tersebut sebanyak 12 buah torpedo yang masing-masing torpedo mempunyai panjang 7 meter. Kapal selam ini juga mampu megangkut 63 awak kapal termasuk perwira. Terbayang bukan seberapa besar kapal selam ini?

Kemampuan menyelam kapal selam ini mencapai kedalaman 250 meter di bawah permukaan laut. Sedangkan, kedalaman normal saat menyelam sekitar 170 meter. Maka tidak heran, kekuatan laut Indonesia begitu kuat pada saat itu.

Bagian Dalam Kapal Selam

morningpetrichor.wordpress.com
morningpetrichor.wordpress.com

Bagian dalam kapal selam terdapat 7 ruangan yang setiap ruangan dipisah dengan pintu. Pintu-pintu tersebut harus tertutup saat terjadi pertempuran. Kondisi kapal selam saat itu juga sangat panas, sehingga para kru kapal harus rela menahan panas saat kapal sedang beroperasi. Namun, kamu tidak usah khawatir jika kamu mengunjungi monumen dan melihat di dalam kapal selam karena kapal selam sudah dilengkapi dengan pendingin udara. Untuk mengetahui lebih detail ruangan-ruangan yang terdapat di dalam kapal selam, berikut ini penjelasannya.

Ruang Torpedo Haluan

Di dalam ruang torpedo haluan, terdapat 4 peluncur torpedo dan terdapat juga torpedo cadangan. Di dalam ruangan ini juga, kamu dapat melihat beberapa tempat tidur bertingkat yang disediakan untuk tempat istirahat Anak Buah Kapal (ABK).

Ruang Tinggal Perwira

Di ruang tinggal perwira, tentunya kamu dapat melihat ruang tinggal atau lounge room yang ditempati oleh para perwira, ruang makan, dan tempat bekerja perwira. Ruangan ini juga terdapat kamar komando. Untuk ruang penyimpan batere group 1, diletakkan di bawah geladak.

Ruang Periskop

Ruangan periskop merupakan pusat pengoperasian kapal selam dan juga Pusat Informasi Tempur (PIT). Kamu bisa menemukan periskop yang dapat melihat dengan ketinggian 9 meter. Selain itu, ruangan ini juga dipergunakan untuk pusat komunikasi dan terdapat WC untuk buang air para awak kapal.

Ruang ABK

Ruang ABK digunakan untuk ruangan para ABK yang terdiri dari Bintara atau Tamtama. Kamu dapat melihat tempat istirahat para ABK pada saat itu. Di ruangan ini juga terdapat juga dapur, tempat makan, dan gudang penyimpanan makanan. Selain itu, terdapat jua ruang penyimpanan batere Grup 2 sebanyak 210 cell yang diletakkan di bawah geladak.

Ruang Diesel Pendorong

Terdapat motor diesel yang digunakan untuk pendorong utama saat berada di ruang listrik.

Ruang Motor Listrik

Di ruangan ini, terdapat 2 buah motor listrik yang berfungsi untuk menggerakkan baling-baling ataupun melakukan pengisian batere. Motor listrik ini akan mengisi batere saat kapal berada di permukaan dan motor listrik akan menggerakkan batere saat kapal selam bergerak ke dalam air.

Ruang Torpedo Buritan

Ruang torpedo buritan digunakan untuk meletakkan 2 buah peluncur torpedo buritan yang difungsikan untuk menyerang dan menghindar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *