Transportasi Kota Surabaya

Surabaya saat ini merupakan kota metropolitan dengan luas wilayah sekitar 32,6 hektar. Ibu kota Jawa timur ini menjadi kota dagang dan jasa. Sehingga aktifitas para warganya sangat padat. Oleh karena itu, warga kota Surabaya membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang memadai agar masyarakat Surabaya dapat bergerak dengan cepat. Kebutuhan tersebut saat ini sudah terpenuhi dengan adanya berbagai sarana dan prasarana transportasi, baik transportasi darat, laut, maupun udara yang melayani perjalanan lokal, regional, maupun internasional. Untuk mengetahui lebih detail mengenai transportasi apa saja yang ada di Surabaya dan jalur-jalurnya, berikut uraian secara detail mengenai transportasi yang ada di Surabaya.

Transportasi Jalur Darat

Transportasi jalur darat yang terdapat di Surabaya dengan rute antar kota Surabaya antara lain: bus kota, angkutan kota, angkutan serba guna, ojek, dan becak. Angkutan kota dan angkutan serbaguna merupakan media transportasi publik yang paling banyak peminatnya. Karena tarifnya cukup murah dan rutenya paling banyak yaitu sekitar 57 rute. Sehingga kedua media transportasi ini bisa masuk ke jalan-jalan kecil.

Bus kota, baik ekonomi maupun patas, memiliki 19 rute yang melewati jalur utama yang ada di Surabaya dan didukung dengan terminal-terminal yang ada di Surabaya, antara lain:

Terminal Purabaya

Terminal ini sebenarnya terletak di Sidoarjo, tepatnya di dalam terminal Bungurasih, Sidoarjo. Namun, terminal ini masih dalam pengelolaannya Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Terminal ini merupakan terminal yang memiliki tipe A dengan luas sekitar 120.000 m2. Terminal ini melayani angkutan antar kota antar peopinsi, angkutan antar kota dalam propinsi, dan angkutan kota.

Terminal Tambak Oso Wilangun

Terminal Tambak Oso Wilangun terletak di dekat perbatasan Kabupaten Gresik, tepatnya di sebelah Barat Laut Surabaya. Terminal Tambak Oso Wilangun merupakan terminal yang memiliki tipe A, dengan luas lahan 50.000 m2 . Transportasi yang terdapat di Terminal Tambak Oso Wilangun adalah bus kota dan angkutan.

Terminal Joyoboyo

Terminal Joyoboyo terletak di bagian selatan. Terminal Joyoboyo merupakan terminal yang memiliki tipe B, dengan luas lahan 11.134 m2 . Transportasi yang terdapat di Terminal Joyoboyo adalah bus kota dan angkutan.

Terminal Bratang

Terminal Bratang terletak di sebelah timur. Terminal Bratang merupakan terminal yang memiliki tipe C, dengan luas lahan 2.575 m2. Transportasi yang terdapat di Terminal Joyoboyo adalah bus kota dan angkutan.

Sub Terminal

Terdapat juga sub-sub terminal guna menopang terminal utama yang dikelola oleh Pemerintah Kota antara lain yaitu :

  • Sub Terminal Petekan
  • Sub Terminal Benowo
  • Sub Terminal Darmo Permai
  • Sub Terminal Manukan Kulon
  • Sub Terminal Menanggal

Rute Bus Kota

Rute Angkutan atau Mikrolet

Screenshot_4Screenshot_5Screenshot_6

Kereta Api

flickr.com
flickr.com

Transportasi di Surabaya juga didukung dengan tersedianya kereta api dan komuter line jurusan Surabaya-Sidoarjo. Kereta api di Surabaya merupakan pusat dari jaringan kereta api diwilayah Jawa Timur. Kereta api ini melayani penumpang dengan jalur Surabaya-Jakarta melalui jalur pantura dan Surabaya-Bandung melalui jalur selatan. Selain itu, terdapat juga kereta api dengan jalur Surabaya-Banyuwangi.

Selain kereta api penumpang, terdapat pula kereta api angkutan barang dengan jalur Banyuwangi-Surabaya-Jakarta-Cilegon. Adapun stasiun kereta api yang terdapat di Surabaya meliputi:

  • Stasiun Pasar Turi;
  • Stasiun Tandes;
  • Stasiun Kandangan;
  • Stasiun Benowo;
  • Stasiun Surabaya Kota/Semut;
  • Stasiun Gubeng; dan
  • Stasiun Wonokromo.

Di Surabaya, tersedia juga kereta api komuter line dan untu mendukung pengoperasian kereta api komuter line ini, maka dibangun empat shelter di Surabaya, antara lain:

  • Shelter Ngagel;
  • Shelter Margosari;
  • shelter Jemursari; dan
  • Shelter Menanggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *